Mengapa project perumahan syariah perlu “dibedah”?

Perumahan syariah sudah menjadi komoditas baru yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Alasan utamanya karena masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim sudah semakin ngeh terhadap riba. Hijrah Disruption juga ikut mempengaruhi meningkatnya tren minat terhadap properti syariah ini. Tapi sayangnya, kondisi market yang bagus seperti ini dimanfaatkan oleh pihak – pihak yang kurang bertanggung jawab. Sehingga tidak sedikit berita bermunculan bahwa properti syariah itu penipu, properti syariah itu proyek bodong, dsb

Tentu saja, berita – berita itu sangat mencoreng muka properti syariah itu sendiri. Masyarakat yang tadinya menyambut baik kehadiran properti syariah karena dianggap sebagai solusi atas kepemilikan rumah zaman sekarang yang insyaa Allah bebas dari praktik ribawi, malah berbalik kembali ke properti konvensional.

Oleh karena itu, kami ShariaMates yang merupakan tim agen properti syariah berbasis di Bandung, berinisiatif untuk membuat program “Bedah Project” berupa dokumentasi video yang kami sajikan di channel YouTube ShariaMates.

Tujuannya cuma satu, yaitu memberikan informasi yang aktual dan faktual tentang kondisi project perumahan yang kami “bedah” khususnya kepada client – client kami dan umumnya kepada publik yang membutuhkan informasinya. Karena kita tidak mau client dari ShariaMates terjebak kedalam transaksi yang salah karena bertemu dengan developer perumahan syariah yang abal – abal.

Bagaimana kami melakukannya?

Kami bukan lembaga survey, konsultan penilai properti atau yang sebagainya yang bisa menerbitkan hasil penilaian resmi mengenai suatu properti atau suatu project. Sekali lagi, ShariaMates hanyalah sebuah tim agen properti syariah.

Project perumahan syariah yang kami bedah ini lokasinya di Bandung. Karena memang rencana kami adalah membedah semua perumahan syariah yang ada di Bandung Raya terlebih dahulu. Berhubung tim kami berdomisili di Bandung dan terbatas waktu, jarak dan tenaga jika harus membedah seluruh perumahan syariah di Indonesia. Walaupun kedepannya insyaa Allah kami ingin bisa membedah perumahan syariah dalam skala nasional.

Walaupun namanya “Bedah Project” tetapi kami bukan melakukan investigasi terhadap suatu project perumahan syariah. Karena kalau kami melakukannya dalam bentuk investigasi, itu bukan ranah kami dan khawatir ada pihak yang terganggu. Sehingga Bedah Project ini bentuknya seperti laporan kondisi riil di lapangan suatu project perumahan syariah.

Maka hasil yang didapat dari setiap edisi Bedah Project itu bukan menentukan ini perumahan syariah bodong dan itu perumahan syariah yang amanah. Tidak seperti itu ya, melainkan lebih ke ;

  • bagaimana kondisi legalitasnya
  • apakah skemanya betul – betul syariah
  • sejauh mana kondisi pembangunannya
  • lebih mengenal siapa developernya

Silahkan share blog / artikel ini kepada teman, sahabat dan keluarga Anda yang sedang mencari rumah syariah.
Atau jika ingin konsultasi bisa menghubungi NOMOR INI

This article has 1 comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *