Utsman bin Affan merupakan khalifah ketiga dari masa Khulafa Ar-Rasyidin menggantikan Umar bin Khattab. Bisa disebut, Utsman bin Affan merupakan salah satu sahabat Rasulullah SAW yang berasal dari strata sosial dan ekonomi yang tinggi. Tidak berlebihan rasanya bila disebut Utsman bin Affan merupakan pebisnis yang sukses dan merupakan salah satu manusia terkaya dijagat raya ini. Karena sampai hari ini, terdapat rekening atas nama Utsman bin Affan yang masih terus produktif yang dikelola oleh Kementerian Waqaf Pemerintah Arab Saudi. Masya Allah..

Tidak ada salahnya kita mempelajari bagaimana kiat sukses berbisnis yang dilakukan oleh Utsman bin Affan, berikut diantaranya ;

1. Langsung terjun mengurusi bisnis

Langsung menangani dan terjun sendiri. Tidak buru – buru diwakilkan ke orang lain, tidak cepat-cepat menggaji orang untuk mengurus bisnisnya. Sehingga Utsman bin Affan punya pengalaman dari hal yang paling dasar, sejak NOL langkah, berinteraksi langsung dengan banyak pembeli, interkasi dengan penjual lainnya.

2. Mengembangkan usaha

Bisnis yang dijalankan memiliki visi jangka panjang untuk dikembangkan. Keuntungan yang didapat tidak diambil semua, tetapi dibagi 3.
Ada kisah, kebun seseorang dihujani, sementara yang lain tidak dihujani. Rahasianya: Keuntungannya dibagi 3.
1/3 untuk kebutuhan pribadi
1/3 dijadikan modal lagi
1/3 untuk sedekah

Dengan begitu bisnisnya dihujani keberkahan oleh Allah. Sementara yg lain tidak.

3. Tidak meremehkan keuntungan

Tidak pernah meremehkan keuntungan. Sekecil apa pun keuntungan akan diambil. Tidak pernah menunggu untung besar. Tidak meremehkan. Menjadi kesyukurannya. Tidak mengeluh.. “yah.. cuma segini untungnya”

Allah merahmati seseorang yang lapang saat menjual dan lapang saat membeli. Orang datang kepada penjual, karena perlu barang. Lalu menawar barang, jika sudah dirasa ada untung dari tawaran tersebut, langsung diberikan saja. Ada rahmat Allah di sini.

4. Tidak membeli yang tua / stock lama

Tidak membeli yang tua / stock lama demi menjaga kualitas produk. Dicari sampai dapat yang bagus. Adalah salah satu trik Utsman bin Affan dalam berniaga.

Berbeda dengan kita yang terkadang membeli stok lama untuk bahan baku produksi, hanya agar mendapat harga lebih murah sehingga biaya produksi bisa ditekan dan mendapat keuntungan lebih banyak. Padahal disisi lain, kualitasnya berbeda. Hal ini dapat menyebabkan penilaian konsumen terhadap kita menjadi berubah juga.

5. Membuat 1 modal jadi 2 modal

Jadikan 1 modal menjadi 2 modal. Memecah bisnis 1 menjadi 2. Misal, awalnya menjual 1 bidang tanah dengan modal 1000 dinar. Maka tanah tersebut dipecah jadi 2 masing-masing 750 dinar.

5 langkah tersebut hanya dilakukan setelah:

  1. Aqidah dan akhlaknya baik
  2. Meninggalkan semua transaksi yang syubhat, curang, bathil, riba, ghoror, maysir
  3. Menerapkan fiqh muamalah.
Disarikan dari Ust Budi Ashari

Semoga bermanfaat dan dapat diamalkan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *